Jumat, 25 Desember 2015

mkalalah bahasa indonesia tentang paragraf




PARAGRAF
Makalah Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah: Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu:




 
Disusun Oleh:                                         
Ø  EKA NORMA SAFITRI
Ø  ANIS FIATI ROHMAH
Ø   slamet mujahidin
Ø  erni hardianti

Jurusan tarbiyah
sekolah tinggi AGAMA ISLAM (stai) sangatta
kutai timur
2015/2016


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kegiatan sehari-hari sebagai seorang mahasiswa di dalam melaksanakan proses perkuliahan adalah tidak lepas dari yang namanya membuat tugas tertulis, laporan, makalah, dan bahkan sampai skripsi. Nah disini mahasiswa sering kali dibikin bingung dan kesulitan di dalam menyusun kalimat-kalimat sehingga menjadi paragraf yang baik dan benar. Dimana tujuan utama dari terbentuknya paragraf yang baik dan benar tersebuat adalah dihasilkannya sebuah karangan atau karya ilmiah yang baik dan benar yang mampu menyampaikan segala ide-ide pokok yang seorang penulis ingin ungkapkan
                 
Menurut Akhadiah dkk (1999:144) Paragraf merupakan inti penuangan buah pikiran dalam sebuah karangan. Dalam paragraf  terkandung satu unit buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraph  tersebut, mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup. Himpunan kalimat ini saling bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan. Dari pendapat ahli tersebut mengenai pengertian paragraf ,maka dapat diambil kesimpulan bahwa paragraf  adalah suatu rangkaian beberapa kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu gagasan atau topik.

Sebenarnya ada yang sekali seluk-beluk lingkup tentang penulisan paragraf yang belum diketahui. Paragraf yang baik adalah paragraf yang mampu menyampaikan ide pokok yang ingin diungkapkan oleh seseorang penulis secara tepat kepada pembaca. Serta paragraf yang baik adalah paragraf yang mampu membuat pembaca menikmati untuk membaca karangan atau karya ilmiah tersebut dengan penggunaan jenis paragraf yang variatif.
Sebagai seorang mahasisiwa pada jurusan kependidikan dan juga sebagai calon seorang guru, hendaknya harus lebih memahami apa itu paragraf dan segala lingkup kaitannya. Sehingga kita biasa menularkan ilmu tersebut kepada generasi dibawah kita nantinya.
Untuk itu berikut dibawah ini akan dibahas secara lebih spesifik mengenai apa itu paragraph,syarat-syarat paragraph, pembagian paragraf menurut jenisnya,dan unsur-unsur paragraf.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian paragraf?
2.      Apa saja syarat-syarat dalam membuat paragraf?
3.      Bagaimana pembagian paragraf menurut jenisnya?
4.      Apa unsur-unsur dari paragraf?

C.     Tujuan Penulis
1.      Untuk menguraikan pengertian paragraf
2.      Untuk mengetahui syarat-syarat dalam membuat paragraf
3.      Untuk menguraikan pembagian paragraf menurut jenisnya
4.      Untuk mengetahui unsur-unsur dari paragraf










BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian paragraf
Pragraf adalah merupakan suatu kumpulan suatu kesatuan pikiran yang lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Atau definisi paragraf adalah bagian yang berasal dari suatu karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat, yang isinya mengungkapkan satuan informasi/kalimat dengan pikiran utama sebagai pengendaliannya dan juga pikiran penjelas sebagai pendukungnya.
Paragraf dapat terdiri dari satu kalimat/kumpulan kalimat, Akan tetapi kalimat yang berhubungan antara yang satu dengan yang lain dalam suatu rangkaian yang membentuk suatu kalimat, dan dapat disebut juga dengan penuangan ide dari penulis melalui kalimat/kumpulan kalimat yang satu dengan yang lainnya, yang berkaitan dan juga hanya memiliki satu tema. Paragraf juga dapat disebut sebagai karangan yang singkat.
Menurut Arifin dan S. Amran Tasai (2006:125) “Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik”. Kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai keterkaitan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut.
Menurut Akhaidah dan kawan-kawan (1999:144) paragraf merupakan inti penuangan buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut, mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup. Himpunan kalimat ini saling bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan.
Pengertian paragraph menurut saya, paragraph adalah kumpulan dari beberapa kalimat yang mengandung ide pokok tertentu, dan diawali dengan kata yang letaknya menjorok kedalam.

B.  Syarat-syarat Paragraf
1.Kepaduan Paragraf(Koherensi)
Kapaduan Paragraf membuat paragraf kita ketika dibaca memliki hubungan antara kalimat yang satu dengan yang lain.Dalam mewujudkan Paragraf yang padu dibutuhkan kemampuan merangkai kata-kata dan kalima agar saling berhubungan dan masuk akal.  Dalam pembuatan paragraf yang padu bisa juga digunakan kalimat penghubung agar padu. 

kata penghubung sendiri terdiri atas 2:

1. Kata penghubung intrakalimat : Kata hubung yang menghubungkan anak     kalimat dengan induk kalimat
2. Kata penghubung antarkalimat : Kata hubung yang menghubungkan antara 2 kalimat
2.Kesatuan Paragraf
Kesatuan Paragraf adalah dalam suatu paragraf hanya mengandung 1 kalimat utama atau hanay mengandung 1 pokok pikiran. Letak pokok pikiran sendiri biasa diawal paragraf, dan akhir paragraf. Untuk memudahkan kita menentukan atau mencari kalimat utama.
Ciri kalimat utama sendiri ialah mempunyai potensi atau bisa diprinci juga diuraikan dan mengandung sebuah permasalahan. Ciri lain yang bisa temukan dari kalimat utama ialah kalimat utama bisa berdiri sendiri tanpa kalimat kalimat pengubung baik intrakalimat maupun antarkalimat.

3.Kelengkapan Paragraf
Sebuah paragraf dikatakan lengkap apabila memiliki kalimat penjelas yang cukup untuk menjelaskan pokok pikiran yang terkandung didalam kalima utama. Biasanya kalimat penjelas berupa perincian kasus atau masalahdari kalimat utama. 




C. Jenis-jenis paragraf
     1. Paragraf Narasi ( Menceritakan )
Paragraf  Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang di dalamya terdapat alur cerita, setting, tokoh dan konflik tetapi tidak memiliki kalimat utama
Ciri-cirinya: ada kejadian, ada palaku, dan ada waktu kejadian.
Contoh
Paragra fNarasi : 
      Jam istirahat. Roy tengah menulis sesuatu di buku agenda sambil menikmati bekal dari rumah. Sesekali kepalanya menengadah ke langit-langit perpustakaan,mengernyitakan kening,tersenyum dan kembali menulis. Asyik sekali,seakan diruang perpustakaan hanya ada dia.

2. Paragraf Deskripsi ( Menggambarkan )
Paragraf Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.

Ciri-cirinya: ada objek yang digambarkan atau menggunakan panca indera.

Contoh Paragraf
 Deskripsi :
       Perempuan itu tinggi semampai. Jilbab warna ungu yang menutupi kepalanya membuat kulit wajanya yang kuning nampak semakin cantik. Matanya bulat bersinar disertai bulu mata yang tebal. Hidungnya mancung sekali mirip dengan para wanita palestina.

3. Paragraf Persuasi ( Mengajak )
       Paragraf Persuasi adalah paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu.
Ciri-cirinya : ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu.
Contoh Paragraf Persuasi :
     Susu sangat baik untuk kesehatan kita. Susu mengandung banyak kalsium yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang kita. Selain itu, susu juga memiliki banyak protein yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak kita. Oleh karena itu, marilah kita perbanyak meminum susu.

4. Paragraf Argumentasi ( Pendapat )
Paragraf Argumentasi adalah sebuah paragraf yang menjelaskan pendapat dengan berbagai keterangan dan alasan. Hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan pembaca. 
Ciri-cirinya: ada pendapat dan ada alasannya.
Contoh Paragraf Argumentasi : 
        Sebagian anak Indonesia belum dapat menikmati kebahagiaan masa kecilnya. Pernyataan demikian pernah dikemukakan oleh seorang pakar psikologi pendidikan Sukarton (1992) bahwa anakanak kecil di bawah umur 15 tahun sudah banyak yang dilibatkan untuk mencari nafkah oleh orang tuanya.
Hal ini dapat dilihat masih banyaknya anak kecil yang mengamen atau mengemis di perempatan jalan atau mengais kotak sampah di TPA, kemudian hasilnya diserahkan kepada orang tuanya untuk menopang kehidupan keluarga. Lebih-lebih sejak negeri kita terjadi krisis moneter, kecenderungan orang tua mempekerjakan anak sebagai penopang ekonomi keluarga semakin terlihat di mana-mana.

5. Paragraf Eksposisi ( Menjelaskan )
   Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang berisi ide, pendapat, buah pikiran, informasi, atau pengetahuan yang ditulis dengan tujuan untuk memperluas wawasan membaca
Ciri-cirinya: biasanya terdapat kata "adalah" dan merupakan informasi.
Contoh Paragraf Eksposisi :
          Ciplukan adalah tumbuhan semak yang biasa tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek dan hanya bisa ditemukan saat musim penghujan. Tumbuhan ini biasanya mempunyai tinggi antara 30-50 Cm, batangnya berwarna hijau kekuningan, buahnya berbentuk bulat dan berwarna kuning. Selain mempunyai rasa yang manis, ternyata buah ciplukan menyimpan beberapa khasiat penting untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

         Nah, gimana Macam-Macam Paragraf dan contohnya diatas? Kalau masih bingung saya punya cara mudah untuk membedakan macam-macam paragraf diatas, cara ini diajarkan oleh Guru Bahasa Indonesia saya waktu di SMA. Begini kata beliau "Inget aja inti-inti dari jenis paragraf tersebut yaitu Narasi (Menceritakan), Deskripsi (Menggambarkan), Persuasi (Mengajak), Argumentasi (Pendapat), dan Eksposisi (Menjelaskan)".

D.    Unsur-Unsur Paragraf
Unsur-unsur paragraf dapat berupa masalah, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas, fakta, atau pun pendapat.
Masalah adalah suatu hal yang harus diselesaikan atau dicari jalan keluarnya.Ide pokok merupakan gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan utama atau gagasan pokok. Ide pokok terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau seluruh isi paragraf. Ide pokok dalam suatu paragraf didukung oleh beberapa kalimat penjelas.
Paragraf yang memiliki ide pokok di awal paragraf disebut paragraf dedukti. Paragraf yang memiliki ide pokok di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf yang memiliki ide pokok di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf yang memiliki ide pokok diseluruh isi paragraf disebut paragraf narasi.
Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung atau memperjelas kalimat utama. Kalimat penjelas harus menjabarkan atau memperjelas kalimat utama.











BAB III
PENUTUP


Pragraf adalah merupakan suatu kumpulan suatu kesatuan pikiran yang lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Atau definisi paragraf adalah bagian yang berasal dari suatu karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat.
Menurut Akhaidah dan kawan-kawan (1999:144) paragraf merupakan inti penuangan buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut, mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup.
Paragraf  Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang di dalamya terdapat alur cerita, setting, tokoh dan konflik tetapi tidak memiliki kalimat utama.
Unsur-unsur paragraf dapat berupa masalah, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas, fakta, atau pun pendapat.
Masalah adalah suatu hal yang harus diselesaikan atau dicari jalan keluarnya.Ide pokok merupakan gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf.










RUJUKAN

      Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahsa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Depdiknasa.
              Dini, Dahlia dan Sitorus. 2004. Bimbingan Pemantapan Bahasa Indonesia. Bandung : CV Yrama Widya.
      Herman J. Waluyo. 2001. Teori Drama dan Pengajaran. Yogyakarta : Hanindita.  
      Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta : PT Erlangga

1 komentar:

  1. Casino - DrMCD
    Dr.McCormick's Casino 안성 출장샵 in New England, USA 공주 출장마사지 · Address: 1 Borgata Way · 충청남도 출장안마 Casino Type: Poker, 아산 출장샵 Sportsbook, Casino, Gambling, Hotel, Email: casino.mgm@gmail.com · Rating: 4 · 안성 출장샵 ‎8 votes

    BalasHapus